Meraih kesehatan

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

apa kabar teman-teman semoga selalu dalam keadaan sehat ya hehe 😁
berjumpa lagi dengan nana hehe, ngomongin tentang sehat beberapa waktu yang lalu nana baru aja sakit dan itu rasanya tidak enak 😓 makanya nana akan berbagi ilmu dan pengalaman supaya teman-teman tidak merasakan hal yang sama. disimak yaaaa


Ketika Sedang Sakit Jangan Menyebutnya Sebagai Ujian Tapi Sebutlah Sebagai Kenikmatan


      Kesehatan merupakan nikmat yang sering manusia itu melupakanya. kenapa bisa lupa ?
Dalam sebuah kasus ada seseorang yang merasakan kesehatan selama 20 tahun tetapi sakit setelahnya selama beberapa hari maka apa yang terjadi ? jawabanya adalah dia mengingat sakit beberapa hari yang dialaminya dan melupakan nikmat sehat selama 20 tahun yang telah dialaluinya.



      Tentu saja sakit bukanlah kehendak kita, tapi setidaknya kita masih bisa berusaha agar untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar kita menjadi orang yang dapat bersyukur. berbagai cara dilakukan seperti :


1. Merubah perilaku masyarakat untuk selalu sehat dan menerapkan pola hidup yang sehat. kebijakan pemerintah prioritas Pembangunan Kesehatan pada periode 2015-2019 yang dilaksanakan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga yang mulai di dilaksanakan secara bertahap dengan target pada akhir 2019 seluruh puskesmas di Indonesia telah dapat melaksanakannya.

2.  Kemenkes telah meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).
Germas dilakukan dengan kegiatan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, tidak merokok dan mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, serta menggunakan jamban

 3. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dicanangkan Kementerian Kesehatan melalui Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sangat penting ditingkatkan. Hal ini karena bisa mencegah berbagai penyakit pada masyarakat, termasuk diare dan ISPA. Kepala Pusat Promosi Kesehatan Kemenkes, dr Lilly S Sulistyowati, M.M mengatakan bahwa cuci tangan merupakan suatu kegiatan sederhana, tetapi berdampak besar. Namun, cuci tangan juga harus dilakukan dengan baik dan benar.



Apakah Penting menjaga perilaku hidup sehat ?

PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.


PHBS itu jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan. Misalnya tentang Gizi: makan beraneka ragam makanan, minum Tablet Tambah Darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A. Lalu tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan, dll. Setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan.



Apa Manfaat PHBS ?


Setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit. Anak tumbuh sehat dan cerdas. Anggota keluarga giat bekerja. Pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga, pendidikan dan modal usaha untuk menambah pendapatan keluarga. Lokasi PHBS :

• PHBS di Rumah Tangga
• PHBS di Sekolah
• PHBS di Tempat Kerja (Kantor)
• PHBS di Tempat Umum
• PHBS di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit)



Pentingnya Menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Prinsip kedua dari pola makan dengan Gizi Seimbang adalah pentingnya pola hidup bersih. Pola makan ber-Gizi Seimbang akan menjadi tak berguna bila tidak diikuti dengan penerapan prinsip dan kebiasaan hidup bersih, seperti:
• Mencuci tangan sebelum makan dengan air bersih dan sabun
• Menyajikan makanan dalam keadaan selalu tertutup agar tak dihinggapi serangga/lalat
• Memasak makan dengan suhu yang tepat agar kuman mati
• Mencuci sayur dan buah hingga bersih, serta
• Menjaga makanan dan minuman agar tidak tercemar oleh logam berat

Termasuk dalam pola hidup bersih adalah menjalankan pola hidup sehat seperti menghindari konsumsi rokok, alkohol serta hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan. Lakukan imunisasi atau vaksinasi sesuai anjuran. Prinsip pola hidup bersih dalam Gizi Seimbang mendukung program kesehatan lingkungan yang dikenal dengan program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).Untuk mencapai visi Indonesia Sehat,Pusat Promosi Kesehatan, Departemen Kesehatan, telah melakukan upaya pemberdayaan masyarakat dengan melakukan sosialisasi mengenai pentingnya PHBS pada tingkatan rumah tangga. Apa dan bagaimana upaya PHBS tersebut, dapat dilihat dalam rangkuman sumber pustaka dari Pusat Promosi Kesehatan (Promkes), Depkes RI.

Bagaimana upaya penerapan indikator PHBS di tingkat rumah tangga, di sekolah, di tempat kerja, di tempat umum dan tempat lainnya, tentu sangat tergantung lagi dengan kesadaran dan peran serta aktif masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Sebab upaya mewujudkan lingkungan yang sehat akan menunjang pola perilaku kehidupan rakyat yang sehat secara berkelanjutan.

Sumber referensi : Buku Saku Rumah Tangga Sehat dengan PHBS, Pusat Promosi Kesehatan, Depkes RI, Jakarta, 2007, hal.2  (Eko)




sehat tidak akan lengkap bila tidak ada sakit begitu juga sakit, tidak akan lengkap bila tidak ada sehat.
kedua dua nya saling melengkapi. yang terbaik bukanlah yang dapat menjaga kesehatan/sakit terus ada dalam dirinya karena pada dasarnya kedua hal tersebut merupakan sebuah nikmat tetapi, yang dapat bersabar dikala sakit itu datang dan dapat bersyukur dikala sehat itu tiba adalah yang terbaik.



sekian kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan dan Minuman Sehat